SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT

Rabu, 31 Oktober 2018

Standar Pelayanan Publik Loket Pendaftaran Pasien di RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang


PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. DR. W.Z. JOHANNES KUPANG

Jl. Dr. Moch. Hatta  Nomor 19 Tlp/Fax (0380) 832892

K U P A N G
Kode Pos 85111



MAKLUMAT, STANDAR PELAYANAN DAN PROSEDUR PELAYANAN

“Maklumat Pelayanan”
Dengan Ini, Kami Berjanji Akan Memberikan Pelayanan Dengan Ramah, Tertib Dan Adil, Apabila Tidak Menepati Janji Tegur Dan Laporkan Kami Ke Pengaduan Pelayanan Pablik.


STANDAR PELAYANAN PUBLIK
A.     Jenis Pelayanan: LOKET PENDAFTARAN
Pendaftaran pengunjung dengan membawa tanda pengenal / kartu berobat / kartu JKN-KIS / Jamkesda, saat berkunjung pada pelayanan kami.
NO
KOMPONEN
URAIAN
1
Dasar Hukum
1.    UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit;
2.    UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
3.    PermenPANRB No. 15 Tahun 2014 per jenis layanan;
4.    Permenkes No. 13 Tahun 2017 Tentang Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu di Lingkungan Kementrian Kesehatan;
5.    Permenkes No. 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
2
Persyaratan Pelayanan
Pasien Umum:
1.    Kunjungan pertama kali membawa identitas (KTP / SIM / Kartu Pelajar) untuk mendapatkan Kartu Berobat RS;
2.    Kartu Berobat (untuk pasien lama)
3.    Surat kontrol / resume (pasien post rawat inap)
Pasien BPJS / Asuransi Lainnya:
1.    Kartu identitas / KTP;
2.    Kartu JKN-KIS / kartu asuransi lainnya;
3.    SEP rujukan online / Surat rujukan;
4.    Kartu berobat (untuk pasien lama)
5.    Surat kontrol / resume, pasien post rawat inap atau pasien PRB.
3
Sistim, Mekanisme dan Prosedur
1.    Pasien datang sendiri / dengan pendamping membawa pesyaratan LENGKAP sesuai ketentuan;
2.    Pengambilan nomor antrian;
3.    Melakukan verifikasi berkas pada petugas verifikasi berkas pendaftaran;
4.    Menunggu di ruang tunggu pendaftaran;
5.    Melakukan pendaftaran melalui loket pendaftaran, ikuti nomor antrian (loket 1 – 7) ikuti nomor antrian kecuali kasus kegawat daruratan bisa langsung ke IGD;
6.    Setelah mendaftar, dengan membawa SJP (Surat Jaminan Pelayanan) dan SEP (Surat Egibilitas Peserta) ke poliklinik yang dikehendaki sesuai rujukan.
4
Jangka Waktu Pelayanan
Hari: Senin – Sabtu
Lama pelayanan:
1.    Prosedur 1 s/d 4 :  ± 10 menit.
2.    Prosedur 5 s/d 6 :
-       Jangka waktu penyelesaian pelayanan tiap pengunjung 1,5 menit (bagi pasien baru);
-       Jangka waktu penyelesaian pelayanan tiap pengunjung 1 menit (bagi pasien lama).
5
Biaya / Tarif
Pasien Umum: (sesuai dengan Pergub Tarif Umum No. 46 tahun 2013 tentang tarif pelayanan kesehatan pada RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang):
-       Biaya pendaftaran:
ü  Pasien baru dgn rujukan: Rp. 30.000,-
ü  Pasien baru tanpa rujukan: Rp. 35.000,-
ü  Pasien lama dengan rujukan: Rp. 20.000-
ü  Pasien lama tanpa rujukan: Rp. 25.000,-
-       Biaya lain disesuaikan dengan tindakan medis yang dilakukan oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien.
Pasien JKN:
Ditanggung BPJS (Permenkes No. 4 tahun 2017 tentang standar tarif pelayanan kesehatan).
Pasien Jamkesda dan Asuransi Lainnya:
Ditanggung oleh Pemda masing-masing dan asuransi lainnya sesuai dengan MOU.
6
Produk Layanan
Membawa Kartu Berobat, SJP dan SEP, yang selanjutnya dibawa ke masing-masing tempat pelayanan / poliklinik.
7
Sarana, Prasarana dan Fasilitas
1.    Seperangkat komputer;
2.    Lemari arsip;
3.    Meja pendaftran;
4.    Mesin nomor antrian;
5.    Nomor antrian;
6.    AC;
7.    Kipas angin;
8.    Kartu pasien;
9.    Status pasien;
10.  Ruang tunggu;
11.  Monitor TV nomor antrian;
12.  TV hiburan / media informasi kesehatan.
8
Kompetensi Pelaksanan
1.    Pengetahuan:
-          Pendidikan Minimal SMA;
2.    Keahlian dan Ketrampilan:
-          Bisa mengoperasikan komputer;
3.    Pengalaman:
-          Minimal 1 tahun
9
Pengawasan Internal
Seluruh jenis pelayanan di loket pendaftran dilakukan oleh:
1.    Direktur RS;
2.    Wakil Direktur Penunjang Pelayanan;
3.    Kabid. Penunjang Pelayanan;
4.    Ka. Instalasi Rekam Medis;
5.    Koordinator Rekam Medis;
6.    Penanggungjawab Loket Pendaftaran.
10
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
Cara pengaduan:
Penderita / keluarga / masyarakat silahkan mengadu dengan cara:
1.    Datang langsung ke RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang dan menemui:
-          Sdr. Yane Mbado, pada bagian Humas
2.    Kirim surat ke RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang melalui:
-          Email: rsudjohannes@gmail.com
-          Website: www.rsudwzjohanes.nttprov.go.id
-          Kotak saran/pengaduan yang tersedia di lingkungan RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang.
3.    Melalui telpon dengan nomor telpon:
-          Sdr. Yane Mbado  081353979659
11
Jumlah Pelaksana
13 orang
12
Jaminan Pelayanan
Jaminan pelayanan yang memberikan kepastian layanan dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan dan janji layanan.

RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang saat ini sudah mempunyai SOP di masing-masing ruangan sesuai dengan jenis layanan. (dokumen pendukung)
13
Pelayanan
Seluruh pemberi layanan yang ada di RSUD. Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang sudah sesuai dengan kompetensinya.

Dengan MAKLUMAT PELAYANAN

“Maklumat Pelayanan”
Dengan Ini, Kami Berjanji Akan Memberikan Pelayanan Dengan Ramah, Tertib Dan Adil, Apabila Tidak Menepati Janji Tegur Dan Laporkan Kami Ke Pengaduan Pelayanan Pablik.
14
Evaluasi Kinerja Pelaksana
Dilakukan oleh Ka. Instalasi Rekam Medis.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates